Alasan memilih Psikologi




Psikologi adalah suatu cabang dari ilmu pengetahuan yang mempelajari, menyelidiki atau membahas fungsi – fungsi kejiwaan dari setiap individu.. Dalam dunia pendidikan, ilmu psikologi sangat dibutuhkan karena sangat penting bagi guru pengajar harus mengingat kemampuan dalam arti perkembangan jiwa muridnya untuk membuat metode pembelajaran yang tepat agar murid yang diajarkan tetap antusias dan tetap konsentrasi pada materi. Ilmu Psikologi banyak juga dipakai untuk menilai gejala – gejala jiwa, menilai diri kita sendiri, mengatasi masalah sosial, dapat memaksimalkan potensi diri maupun orang lain. Dalam bidang kesehatan psikologi dibutuhkan untuk menangani penyakit seperti penyakit kejiwaan. Karena itu, saat ini ilmu psikologi mulai diperhitungkan. Sebenarnya, ilmu psikologi perlu dimiliki setiap orang agar dapat bertindak terhadap diri sendiri maupun orang lain dengan tidak menggangu keadaan jiwa orang lain. Jadi menurut saya ilmu psikologi sangat dibutuhkan.

Alasan saya memilih jurusan Psikologi karena lulusan dari jurusan psikologi memiliki prospek kerja yang besar dan banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Psikologi juga kita diajarkan untuk dapat menilai diri kita sendiri dan memahami tentang diri orang lain. Memilih jurusan psikologi juga membuka peluang untuk membantu orang lain sangat besar. Kita juga bisa membantu orang yang mengalami kesusahan, meningkatkan kesejahteraan menyadari potensi mereka, membatu mandiri dalam menyelesaikan masalahnya, membantu individu untuk menentukan langkah yang harus ditentukan, atau membantu individu untuk menemukan dirinya, membantu individu menemukan potensi yang ada di dalam dirinya dan bagaimana untuk mengaktualisasikan dirinya. 

Karena hal-hal inilah. Saya memilih Psikologi sebagai Jurusan saya. Karena menurut saya, Psikologi adalah ilmu tentang kehidupan. Walaupun jika saya tidak bekerja dalam ranah Psikologi nantinya, tetapi saya yakin dapat menerapkan ilmu yang saya dapat di Psikologi dalam kehidupan saya sehari-hari.

Comments

  1. Apa yang menjadi alasan utama Anda memilih jurusan Psikologi, dan bagaimana prospek kerja di bidang tersebut? Visit us Telkom University

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts